kumpulan cara dan tips yang paling banyak dicari Netizen Indonesia.

Monday 7 March 2016

10 Contoh Search Engine Terbaik dan Cara Kerjanya


10 Contoh Search Engine Terbaik dan Cara Kerjanya-

Internet mempunyai jutaan halaman web dan search engine yang menawarkan cara cepat memperoleh informasi tertentu. Berikut ini penulis sajikan 10 contoh search engine terbaik dan bagaimana cara kerja search engine seperti salah satunya google dapat melakukannya!
artikel ini menyajikan informasi search engine terkenal dan baik disertai dengan penjelasan cara bekerjanya dalam menampilkan informasi yang dicari oleh pengguna
Internet dan Search Engine

Search engine merupakan website khusus dengan teknologi yang memiliki daftar (list) berbagai halaman web. Search engine bekerja pada 'server', yakni komputer khusus yang selalu aktif dan dapat diakses oleh siapa saja di Internet. Search engine sebenarnya terdiri dari tiga komponen utama, yakni spider yang sering pula disebut dengan 'crawler', database, index, dan tool search. Anda hanya akan melihat tool search, berupa kotak pada halaman search engine, tempat Anda biasa mengetikkan keyword yang akan Anda cari.

10 Contoh Search Engine Terbaik

Sebelum membahas tentang bagaimana cara kerja search engine, penulis akan menyajikan 10 contoh search engine terbaik terlebih dahulu.

 1. Google

Tidak perlu bertele tele menjelaskan siapa itu Google. Saya yakin Anda dan bermilyar umat mansia di bumi ini telah lama mengenal kecanggihan search engine google ini.

2. Bing 

Bing merupakan usaha milik microsoft yang berkompetensi dengan Google dalam "pencarian/search, tetapi Bing nyatanya masih kalah dengan Google.

3. Yahoo

Yahoo masih menjadi salah satu mesin pencarian yang sering digunakan. Menurut laporan, yahoo menduduk peringkat ke tiga dari daftar search engine terbaik.

4. Ask.com

Ask.com merupakan situs tanya jawab yang fokus terhadap e-business dan mesin pencari website (web search engine). Ask.com berdiri pada tahun 1996, dibentuk oleh Garret Gruener dan David Warthen di Berkeley, California, Amerika Serikat. Data pada tanggal 3 Februari 2016, search engine ini, menurut Alexa Rank ada di nomor 47. 

5. Aol. com 

Aol merupakan industri yang bergerak di bidang jasa internet dan telekomunikasi, salah satunya menjadi alat search engine di dunia internet.  Berdiri sudah cukup lama sekali, yakni pada tahun 1983 di Vienna, Virginia, pada waktu itu berdiri dengan nama Control Video Corporation. Sekarang kantor Aol bermarkas di New York City, New York, Amerika Serikat.

6. Blekko.com 

Blekko merupakan search engine yang dimiliki oleh International Business Machines. Situs pencari ini berdiri pada tanggal 1 November 2010.

7. Wolframalpha

Wolfram Alpha merupakan situs pencarian (search engine) yang dikembangkan oleh Wolfram Research, dan kemudian didirikan oleh Stephen Wolfram. Situs ini memiliki slogan "Making the world’s knowledge computable". Situs ini pertama kali dipublikasikan pada tanggal 18 Mei 2009.

8. DuckDuckGo

Duck Duck Go merupakan search engine yang menitik beratkan pada perlindungan (protection) privasi pencari. Situs search engine ini memiliki slogan "The search engine that doesn't track you". Situs ini diciptakan oleh Gabriel Weinberg dan resmi pertama kali dikenalkan kepada masyrakat pada tanggal 25 september 2008.

9. WayBackMachine 

Wayback Machine ini, sebenarnya lebih tepat disebut sebagai digital archive websites dan informasi yang tersimpan di dalam situs di internet. Situs ini diciptakan oleh Internet Archive, sebuah lembaga non profit bertempat di San Fransisco, California, Amerika Serikat.

10. ChaCha.com

ChaCha.com merupakan alat search engine yang dapat membantu manusia dalam mencari segala hal informasi di dunia maya, internet. Situs search engine ini didirikan oleh Scott A. Jones dan Brad bostic di Carmel, Indiana, Amerika Serikat. 

Cara Kerja Search Engine

Pembaca koleksi-tip.blogspot.com, penulis yakin bahwa Anda sangat penasaran sekali bagaimana cara kerja search engine itu. Memang sebagai manusia modern seperti sekarang ini, kita tidak hanya sekadar menggunakan search engine saja, akan lebih baik lagi jika kita juga harus tahu bagaimana search engine yang seringkali kita gunakan itu bekerja. Setelah Anda mengenal 10 contoh search engine terbaik, kini saatnya penulis menjelaskan bagaimana cara kerja search engine. Simak di bawah ini!

Merayap ke seluruh web 

crawler atau spider merupakan program yang bertugas untuk mencari halaman web di internet. Hal ini mirip dengan laba-laba yang menyebarkan jaringnya dan merayap ke Internet untuk mengumpulkan informasi mengenai halaman web baru. Kemudian, laba-laba ini kembali ke halaman web search engine dan menyerahkan semua informasi yang di dapat ke dalam software index khusus. Jika terjadi perubahan pada halaman web tersebut, atau jika website tersebut tidak aktif, laba-laba ini akan terus merayap ke seluruh internet dan memperbaiki index search engine.

Database atau index utama

Index atau disebut juga dengan database, merupakan bagian terpenting dalam search engine. Index ini mirip dengan direktori telepon yang terdiri dari jutaan list halaman web. ketepatan isi index ini tergantung seberapa sering index ini diupdate dan penampilan crawler yang mengumpulkan informasi. 

Saat crawler kembali ke website search engine, informasi terbaru akan disimpan dan dikumpulkan ke dalam software indexing khusus. Software indexing ini akan meng update database (index) dan menambahkan perubahan yang terjadi dan halaman web page yang baru. 

Tool Pencarian

Saat Anda berkunjung ke website search engine, akan terlihat kotak pencari atau search box. Klik kotak tersebut dan tuliskan beberapa keyword atau kata kunci (tergantung apa yang Anda cari). Kotak pencari ini merupakan tampilan dari tool pencarian. Saat Anda mengklik tombol "Search", "Go" atau "Submit", tool ini akan menjalankan fungsinya. Tool ini akan memeriksa keyword yang Anda tuliskan lalu mencari website yang berhubungan dengan keyword dalam index. Index memiliki jutaan list website. Setelah beberapa detik, tool ini akan menampilkan list website tersebut. 

Hasil pencarian dan ranking

Saat tool pencarian menemukan semua halaman web yang sesuai dengan keyword Anda, hasilnya akan ditampilkan pada halaman hasil pencarian. Halaman ini akan diurut atau diberi rangking menurut seberapa dekat website tersebut cocok dengan keyword yang dimasukkan. Halaman dengan rangking tertinggi akan berada pada list pertama atau list paling atas. Jika Anda ingin melihat hasil yang lebih banyak lagi, scroll mouse ke bagian bawah halaman pencarian lalu klik link "Next" atau klink nomor halamannya. 

Mengakses halaman web

Saat hasil pencarian ditampilkan, lihat keterangan singkat di dekat link website yang bergaris bawah. Jika isinya sesuai dengan yang Anda cari, klik link tersebut untuk mengunjungi website nya. 
Tips: Klik kanan link lalu pilih "Open in new page". Dengan begitu, halaman pencarian yang sudah Anda peroleh tidak akan hilang, sehingga Anda selalu dapat melihat hasil pencarian alternatif lainnya. Selain itu, Anda juga dapat mem-bookmark halaman hasil pencarian dengan mengklik menu "Favorites | Add to favorites" dalam internet explorer. 

Berbagai Alternatif Search Engine

Search engine Anda tidak berhasil menemukan halaman web yang Anda maksud? Untuk itu, coba gunakan search engine alternatif. Search engine bergantung pada index atau database yang dimilikinya. Jadi, jika keyword yang dituliskan tidak berhasil ditemukan dalam index, maka Anda juga tidak akan menemukan website yang Anda maksud.

Bagaimanapun, Anda masih dapat mencari informasi yang diinginkan dalam index search engine lain. Hal ini sangat bergantung pada informasi yang didapat crawler, dan seberapa sering index tersebut diupdate. 

Beberapa search engine juga memungkinkan pencarian hal-hal spesifik seperti buku, musik, video, blog, dan lainnya. Cobalah beberapa search engine alternatif lainnya. 

Cara mengetik keyword 

Tips agar hasil pencarian lebih akurat: 

1. Sebaiknya tuliskan frase dengan beberapa kata lainnya, seperti: World Cup Highlights. 
2. List dalam kata sebaiknya disertai koma, misalnya: Shoes, Bags, Wallets. 
3. Kata yang biasa ditampilkan bersama sebaiknya ditulis dalam tanda petik seperti "Diego Maradona", atau dengan menulis Diego+Maradona, meski beberapa search engine tidak mendukung tanda +
4. Gunakan operator AND, OR di antara kata, atau klik link "Advanced" pada website pencari untuk mengetahui lebih jelasnya.

Pembaca yang terhormat, itulah 10 contoh search engine terbaik yang dapat penulis paparka dan bagaimana sistem kerja dari search engine.  Agar tidak jenuh, Anda boleh saja sesekali mencoba search engine yang belum pernah Anda coba sebelumnya hingga anda mendapatkan pengalaman dan sensasi tersendiri. Semoga tulisan di atas bermanfaat dan memberikan ilmu baru kepada Anda, apabila ada pertanyaan atau komentar, silahkan tulisan di kolom komentar di bawah ini atau dapat juga Anda kirimkan ke alamat email di ekowahyudi.11maret@gmail.com. Atas perhatiannya, penulis mengucapkan terima kasih.

10 Contoh Search Engine Terbaik dan Cara Kerjanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eko Wahyudi

0 comments:

Post a Comment